Wide Area Network

Pengenalan WAN

Wide Area Network (WAN) merupakan sistem jaringan yang menghubungkan antara Autonomous System (AS). Satu Autonomous System dapat terdiri atas satu jaringan atau lebih. WAN mencakup daerah geografis yang luas, memungkinkan komunikasi antara dua perangkat yang terpisah dengan jarak yang sangat jauh.

Untuk menghubungkan beberapa Autonomous System, selain diperlukan media fisik tertentu, juga duperlukan teknologi WAN yang bekerja dengan melakukan komunikasi dengan pengolahan Frame.
Pada implementasinya, teknologi WAN dapat bekerja pada lapisan datalink atau gabungan antara lapisan fisik dan datalink, pada lapisan datalink yang dikerjakan merupakan sinkronisasi digital yang juga dilengkapi dengan authentikasi.

Standarisasi Media WAN dan Karakteristiknya
Line TypeSignal StandarBit Race Capacity
56DS056 Kbps
64DS064 Kbps
T1DS11.544 Mbps
E1ZM2.048 Mbps
E3M334.064 Mbps
J1Y12.048 Mbps
T3DS344.736 Mbps
OC-1SONET51.84 Mbps
OC-3SONET155.54 Mbps
OC-9SONET466.56 Mbps
OC-12SONET622.08 Mbps
OC-18SONET933.12 Mbps
OC-24SONET1244.16 Mbps
OC-36SONET1866.24 Mbps
OC-48SONET2488.32 Mbps

Untuk keperluan pertukaran data diperlukan suatu proses yang mengatur pertukaran tersebut melalui aplikasi tertentu, proses ini dikenal dengan Encapsulation/decapsulation. Enkapsulasi yaitu proses pemberian informasi data (berupa header atau trailer) menjadi paket data (PDU = Protocol Data Unit) sebelum dikirimkan ke layer selanjutnya, proses ini terjadi pada proses pengiriman paket data menuju host tujuan.

Proses Enkapsulasi terbagi kedalam 5 proses yaitu :
  1. Build the Data, yaitu proses perubahan format aplikasi menjadi PDU disebut sebagai DATA,yang dapat dikirimkan melalui media jaringan
  2. Package the data for end-to-end transport, yaitu proses pengumpulan data yang dikirimkan menjadi paket data yang disebut dengan SEGMENT
  3. Add the network IP address to the header. pemberian informasi alamat logical asal (IP Address) dan tujuan paket data
  4. Add the data link layer header and trailer. pemberian informasi (Frame Header and Trailer) paket data mengenaiperangkat jaringan yang terhubung langsung (directly connected)
  5. Convert to bits for transmission. proses konversi paket digital menjadi sinyal-sinyal litrik agar paket data dapat dikirimkan melalui media.
sedangkan dekapsulasi adalah proses kebalikannya,terjadi pelepasan informasi paket data menjadi data
 WAN dapat menghubungkan banyak LAN serta menyediakan akses ke komputer-komputer atau server pada lokasi lain. beberapa teknologi WAN antara lain, ISDN, DSL, PPP, Frame Relay, T1, E1, T3, E3, dan SONET.

Teknologi WAN terdiri atas beberapa jenis koneksi  antara lain :
  1. Leased Line(dedicated point to point) mekanisme pengiriman pada koneksi ini delakukan secara synchronous Serial  dan tidak memerlukan proses call setup terlebih dahulu ketika mau mengirimkan data antar DTE (Data Terminating Equipment=dapat berupa perangkat tunggal atau sistem yang berfungsi mengakses jaringan publik yang berada di lokasi pelanggan)
  2. Circuit Switching koneksi ini memerlukan proses call setup sebelum pengiriman data.
  3. Packet Switching merupakan metode WAN yang mengijinkan user membagi bandwith dengan pengguna lain, dan merupakan pengembangan teknologi Leased Line. teknik ini juga dikenal dengan konsep store and forward

Template by:

Free Blog Templates